RSS

Museum Sejarah Bentoel

23 Feb

bentoelMuseum Sejarah Bentoel dulunya adalah sebuah rumah yang digunakan sebagai usaha kecil-kecilan Rokok Bentoel. Usaha ini didirikan oleh Ong Hok Liong pada tahun 1925. Perusahaan ini berada di Jl. Pecinan Kecil no.32 Malang yang sekarang bernama Jl. Wiromargo. Pada masa sekarang, rumah ini digunakan sebagai museum sejarah Pabrik Rokok P.T. Bentoel, sedangkan saat ini Perusahaan dan Kantor P.T. Bentoel berada di Karanglo, Malang dengan manajemen baru mengukuhkan diri menjadi PT. Bentoel Prima.

Nama Bentoel itu dulunya diambil dari hasil meditasi yang dilakukan oleh Ong Hok Liong di Gunung Kawi dengan maksud agar usahanya berjalan lancar. Setelah beberapa kali melakukan meditasi, di dalam tidurnya Ong Hok Liong melihat banyak orang membawa Bentoel. Akhirnya Ong Hok Liong menggunakan kata Bentoel itu sebagai nama usaha rokoknya.

Museum ini didirikan untuk menggambarkan kegigihan pendiri P.T. Bentoel Prima serta sebagai sekeping dokumen riwayat perkembangan kehldupan anak Malang (Arema) yang menlti keberhasilan dari perusahaan kecil milik perseorangan menjadi perusahan yang berkembang menjadi lima besar industri rokok kretek di tanah air.

Sumber: wisatamalang.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 23, 2013 in Wisata Sejarah

 

Tag:

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: