RSS

Monumen Tugu Malang

26 Feb

tugu_malam_malangPada tanggal 17 Agustus 1946 Pemerintah Kota Malang merencanakan peletakan batu pertama pembangunan Monumen Tugu. Monumen ini ditandatangani langsung oleh Mr. Sukarno sebagal Wakil Masyarakat Malang dan A.G. Suroto sebagal kepala komite pembangunan Monumen. Tetapi ketika Monumen itu sudah hampir 95% selesal, tiba-tiba terjadi Agresi Militer Belanda I. Monumen Tugu seolah-olah membuat Pasukan Belanda mengetahui tentang semangat kemerdekaan yang dimiliki oleh masyarakat Malang. Hingga akhirnya, pada 23 Desember 1948, Monumen Tugu dirusak oleh pasukan Belanda hingga tinggal puing-puing. Atas desakan masyarakat Malang, pada tanggal 9 Juni 1950 Pemerintah Malang membentuk panitia baru untuk membangun kembali Monumen Tugu. Akhirnya Monumen Tugu telah selesai dibangun. Pada tanggal 20 Mei 1953, Monumen ini disyahkan oleh Presiden Indonesia, Ir. Soekarno.

Adapun bentuk dan arti Monumen Tugu Kota Malang adalah :

  • Tugu monumen yang berbentuk bambu tajam berarti bahwa senjata Inilah yang pertama kali digunakan bangsa Indonesia ketika mereka menghadapi Kolonialisme Belanda dan berusaha merebut kemerdekaannya.
  • Rantai yang menggambarkan kesatuan Indonesia dalam perjuangan yang tidak mungkin akan bisa dipisahkan.
  • Tangga yang berbentuk 4 dan 5 sudut menggambarkan tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 1945.
  • Bintang mempunyai 8 tingkat dan 17 pondasi, berarti 17 Agustus. Menggambarkan tanggal dan bulan Kemerdekaan Indonesia.

Monumen ini terletak di tengah-tengah kolam yang di dalamnya terdapat BungaTeratai yang berwarna putih dan merah. Melambangkan keberanian dan kesucian rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Saat ini, di Monumen Tugu ini biasanya masyarakat melakukan aktivitas rekreasi atau sekedar berteduh di bawah pohon-pohon besar yang rindang, menikmati indahnya Monumen Tugu Malang dan melihat kolam serta bunga-bunga teratai yang bermekaran.

Sumber: wisatamalang.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 26, 2013 in Wisata Sejarah

 

Tag:

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: