RSS

Air Terjun Coban Rondo

01 Apr

Tempat Wisata di Kabupaten Malang

coban rondoAir Terjun Coban Rondo juga merupakan salah satu obyek wana wisata yang dimiliki di Kabupaten Malang. Terletak ± 12 km dari Kota Batu, atau tepatnya di Desa Pandansari Kec. Pujon. Kawasan Wana Wisata Air Terjun Coban Rondo adalah kawasan wana wisata yang paling mudah ditempuh. Jalan masuk menuju lokasi sudah beraspal, sehingga sangat memudahkan wisatawan apabila ingin mengunjungi obyek wana wisata ini

Air terjun Cobanrondo memiliki ketinggian 84 meter, berada pada ketinggian 1135 meter dari permukaan air laut, tepatnya didesa Pandesari Kecamatan Pujon, kabupaten malang. Air yang mengalir berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo. Objek wisata ini pertamakali dibangun pada tahun 1980 dan merupakan bagian dari wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Perum Perhutani Malang. Dari data statistik yang ada, air terjun Cobanrondo memiliki debit air 150 liter/detik, sedangkan pada musim kemarau hanya 90 liter/detik. Selain untuk tujuan wisata, air terjun Cobanrondo juga digunakan untuk pengelolaan air minum melalui PDAM untuk masayrakat Kecamatan PujonSelain wisata air terjun, wana wisata coban rondo juga sering dijadikan sebagai tempat berkemah. Pada musim ospek maka bumi perkemahan di coban rondo ini sering penuh.

Air terjun Coban Pelangi merupakan sebuah air terjun yang indah, yang terletak sekitar 32 km ke Timur Malang. Memiliki air alami, dingin, dan bersih yang memberikan kesan damai. air terjun ini dapat dicapai dalam perjalanan ke Gunung Bromo melalui kota Malang. Air terjun coban pelangi dapat ditempuh dari kota Malang jawa timur sekitar 2 jam perjalanan ke desa Tumpang dengan naik mikrolet.

Sampai di Tumpang perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang truk sayur yang menuju desa Ngadas atau ke Ranupane. Bisa juga anda menyewa toyota hardtop yang banyak mankal di terminal Tumpang. Perjalan sekitar 40 menit melewati perbukitan serta perkebunan apel dan ketika memasuki hutan ,

Anda akan disajikan pemandangan indah jurang dikanan maupun kiri anda , Sampai di gerbang utama Air terjun coban pelangi,kita bisa langsung berjalan menyusuri jalan setapak menuju air terjun sekitar 3 KM. Perjalanan lumanyan mengasikan karena naik turun ,sampai di sebuah pos peristrirahatan disebuah bukit pemandangan sangat indah

Cari resort pegunungan yang indah, panorama yang indah, melihat buah apel yang mengesankan dan 5 sayuran. Situs Air jatuh di desa bernama Gubuk Klakah, satu milik Poncokusumo.
Para pengunjung akan menikmati udara segar, pemandangan alam, dan tentu saja air terjun indah. Kunjungi terjun Coban Pelangi di Kabupaten Malang.

Air Terjun Coban Talun – Di Kota Wisata Batu sumber air sangat melimpah, ratusan sumber air tersebar di cekungan-cekungan lembah. Sumber air alami yang mengalir di pegunungan menjadi sungai yang bersih dan berkilauan. Salah satunya adalah Air Terjun Coban Talun yang terletak di desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu.

Air terjun ini akan lebih eksotis jika dilihat pada jarak yang cukup dekat dengan lokasi jatuhnya air dengan ketinggian sekitar 75 meter tersebut. Gemuruh suara benturan air dengan batu cadas di bawahnya menambah sensasi semburan air terjun yang terasa seakan mengguyur sekujur tubuh. Pemandangan di sekitar lokasi air terjun akan bertambah elok karena selain bisa menikmati gemuruh deburan air terjun, anda juga bisa menyaksikan banyak pelangi. Pemandangan pelangi aneka warna itu akan bisa disaksikan di setiap sudut lokasi air terjun.

Untuk mencapai kawasan ini memang tidak mudah. Selain dituntut kehati-hatian, juga diperlukan tenaga ekstra. Pengunjung harus melewati aliran sungai dan menembus perbukitan yang tajam dan berkelok. Jalan setapak menuju lokasi amat sempit, licin dan curam. Sementara, di kiri kanan jalan setapak sepanjang 2km itu dikelilingi jurang. Namun begitu anda tiba di lokasi air terjun, rasa lelah akan segera berganti dengan rasa lega, senang, dan kagum akan keindahan pemandangan alam Coban Talun.

Dari Coban Rondo misalnya, pemikat uama serta mayoritas utama adalah Air Terjun, para pengunjung dapat mandi dibawah Air Terjun yang terletak didesa Pandesan, Pujon, Kab. Malang. Jalan-jalan lintas hutan merupakan aktifitas menarik, sambil menikmati suara Air Terjun dan kicauan burung di dusun. Bagi yang suka kamping, menejemen Perhutani menyediakan air yang sangat luas untuk mendukkung aktivitas out bound. Fasilitas pendukung lain disediakan kamar ganti, rumah makan, took Souvenir, dan lain-lainsekali-kali diramaikan atraksi gajah.

Tidak beda dengan Coban Rondo, Wisata alam gunung Coban Pelangi yang terletak di desa Klakah, Poncokusuma, Malang dan Coban Talun di desa Talun memberikan arah yang sama dengan Coban Rondo Bumi Air, Batu.

Sumber:

http://wisatamalang.com/

http://cobanrondo.com/

Tempat Wisata di Kabupaten Malang


 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 1, 2013 inci Tempat Wisata Kabupaten Malang

 

Tag: ,

Komentar ditutup.