RSS

Festival Malang Kembali 2012

16 Jul

Festival Malang Tempo Doeloe

Festival Malang Kembali – Malang Tempo Doeloe 24-27 Mei 2012

mlg tempo dulu

Sekilas Info tentang Festival Malang Kembali
Malang kembali meroepakan seboeah arkeologi poeblic jaitoe arkeologi oentoek masjarakat (Noerwidi. 2006) jang berarti memboewat seboeah poeblikasi dan menjebarloeaskan hasil-hasil penelitiannja sehingga masjarakat dapat merasakan manfaat dari hasil penelitian beroepa dokoementasi baik beroepa aoedio, visoeal dan verbal. Di sini, program sosialisasi hasil dari penelitian sedjarah Malang kepada masjarakat oemoem dalam bentoek atjara boedaja dengan djoedoel Malang Kembali, Festival Tempo Doeloe, Festival Sejarah, Seni Boedaja jang di dalamnja berisi serangkaian kegiatan jang meroepakan rekonstroeksi kehidoepan masjarakat Malang pada suatoe waktoe tertentoe.

Kegiatan Malang Kembali VII meroepakan event ke-7 setelah Malang kembali 1 s/d 6 jang tijap tahoen diadakan. Dalam event ini atmosfer jang disoegoehkan adalah atmosfer tempo doeloe, moelai dari setting lokasi, dekorasi tiap panggung, dekorasi stand sampai dengan kostoem pengoendjoeng, semoeanja diboeat mendekati soesana tempo doeloe. Di sini pengoenjoeng dapat menikmati berbagai soegoehan antara lain panggoeng pertoendjoekan kesenian tradisional, lomba-lomba dan stand-stand jang mendjoewal makanan, minoeman dan sooevenir bernoeansa tempo doeloe.

Festival Malang Kembali 2012

Latar Belakang

Peroebahan Morpologi kota-kota di Indonesia dewasa ini sangat tjepat, menoeroet ahli perkotaan doenia, peroebahan tidak sadja di daerah perkotaan tapi soedah menjentoeh daerah pinggiran. Salah satoe sebab adalah hasil perentjanaan kota kolonial terbaik di Hindia Belanda pada djamannja (abad ke 20). Perkembangan kota dan arsitektoer Kolonial Belanda jang dimoelai sedjak tahoen 1919 masih banyak kita temoei sampai sekarang. Unicef telah menetapkan World Heritage City oentoek parameter kota poesaka doenia, di Indonesia tahun 2012 telah memoelai program Kota Poesaka dengan menetapkan Malang dan Ternate sebagai Pilot Project Oentoek mengembangkan djaringan kota poesaka nasional.

Jajasan Inggil telah berperan aktif dalam mempersiapkan kota Malang mendjadi bagian dari penjelamatan kota dengan beberapa programnja antara lain melakoekan pendataan bangoenan dan benda tjagar boedaja, pendokoementasian sekaligoes penamaan (documentaryboard), pemboeatan moeseoem, membantoe perencanaan peratoeran daerah tentang tjagar boedaja dan mengaplikasikan ke dalam beberapa event jang langsoeng bersentoehan dengan masjarakat. Dalam Malang Kembali tahoen ini, sengadja diambil tema Malang World Heritage Site boekan bermaksoed mendahoeloei pemerintah poesat dalam menetapkan kota poesaka, namoen lebih bersifat memberikan starting point, meskipoen djika dikadji dengan parameter World Heritage moengkin akan memboetoehkan sekitar 5 tahoen ke depan. Dengan penetapan niatan dasar ini diharapkan semoea stake holder heritage mempersiapkan langkah ke depan menoeroet bidang dan otoritas masing-masing.

Toedjoean Kegiatan

Toedjoean dari kegiatan ini adalah oentoek mengedoekasi masjarakat Malang oentoek berkontriboesi dalam pembangoenan Malang ke depan melaloei pembeladjaran sedjarah, seni dan boedaja. Seperti kita ketahoei, mempeladjari sedjarah dan boedaja memboetoehkan energy, waktoe dan biaja jang tidak sedikit. Dalam kegiatan Malang Kembali semoea materi pembeladjaran ditampilkan mendjadi satoe area dengan data dan nara soember yang kompeten sehingga proses transfer ilmoe menjadi semakin moerah, moedah, cepat dan menyenangkan.

Tema Kegiatan

Tema jang diangkat pada Malang Kembali VII 2012 kali ini adalah MALANG WORLD HERITAGE SITE menawarkan kesempatan oentoek mendalami lebih djaoeh mengenai kekajaan warisan sedjarah boedaja Malang dan mewoedjoedkan tjita-tjita mendjadikan Malang sebagai kota warisan Poesaka Doenia.

Batasan Waktoe Pembeladjaran: Tahoen 1870 – 1938

Penjelenggara : Jajasan Inggil, Djalan Gadjahmada no. 4 Malang dan Pemerintah kota Malang

Djadwal Kegiatan: Sepandjang Djalan Besar Idjen (2 km), Kamis s/d Minggoe, 24 s/d 27 Mei 2012, 08.00 – 24.00 WIB

Sumber: Inggil.org

Tempat Wisata Malang

 

Tag: , , , ,

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: