RSS

Pameran Anggrek Malang

26 Jul

Pameran Anggrek Malang, 15-22 April 2012 di Perpustakaan Umum jalan Ijen Kota Malang

Sekilas info tentang pameran Anggrek 2011

Bunga anggrek selalu abadi tak hanya cantik dilihat dan sedap dipandang, bunga anggrek tak hanya merupakan bisnis yang menggiurkan. Gemar merawat anggrek merupakan resep panjang umur, kata Ketua Perhimpunan Aggrek Indonesia (PAI) Cabang Malang, Prof Titis Adi Sarwanto dalam pembukaan Pameran Malang Orchid, di Sasana Krida Universitas Negeri Malang, Selasa (12/7).

Dalam pameran yang dibuka oleh Wali Kota Malang Peni Suparto itu, Titis menunjukan bukti kalau merawat anggrek bisa membuat umur semakin panjang. Diantaranya dalam bulan ini saja ada tiga anggota PAI Cabang Malang yang merayakan ulang tahun ke-90, dengan tubuh yang masih segar bugar.

Titis mengungkapkan, dibanding penyelenggaraan tahun lalu untuk stan anggrek tidak mengalami penurunan sebanyak 26 stand yang ikut pameran. Namun untuk bunga-bunga lain, seiring meredupnya Gelombang Cinta, Anturium membuat peserta Malang Orchid tahun ini tak sebanyak tahun lalu.

“Anggrek itu abadi, di saat bisnis bunga lain masih turun-naik, bisnis anggrek sudah ada penggemarnya tersendiri,” ujar Titis, Selasa (12/7).
Peni mengaku menyayangkan pameran bunga Malang Orchid tahun ini pesertanya tidak sebanyak tahun lalu. Kalau tahun lalu bisa sebanyak 80 stan, mengapa tahun ini hanya mencapai 30 stan saja, pasti ini ada masalah.

“Perlu dicari apa penyebab sehingga pameran ini diikuti peserta tak sebanyak tahun lalu, Saya melihat promosi pameran ini hanya sekali saja di media, ini jelas membuat masyarakat ragu apakah pameran ini jadi atau tidak,” ujar Peni.

Menurut Peni, potensi anggrek di Kota Malang sangat luar biasa, jika dikembangkan dengan baik akan bisa bisa menjadi andalan masyarakat Malang untuk menambah penghasilan. Dia ingin Malang Orchid bisa mendunia, seperti Malang Tempo dulu.

“Untuk mengembangkan anggrek di Kota Malang, saat ini akan kami siapkan pembangunan taman anggrek seluas setengah hektar di Kota Malang. Saat ini kami sedang mencari lokasi yang tepat,” ungkap Peni.

Ketua pelaksana Malang Orchid, Novianto mengungkapkan pameran di Sasana Krida UM akan dilangsungkan, Selasa (12/7) sampai dengan Senin (18/7). Dengan adanya pameran ini harapkan semakin mendekatkan masyarakat Kota Malang dengan bunga, yang potensinya luar biasa. (cah) (mediacentre.malang.go.id)

Sekilas Malang Orchid Show 2009

Paket tour Anda kurang memuaskan bila tidak berkunjung ke pusat wisata agro, anggrek lebih dari 5.000 jenis anggrek alam di Indonesia (16% dari anggrek dunia) sebagian bisa Anda dapatkan di kebun-kebun anggrek di Jawa Timur. Anggrek alam di Jawa Timur merupakan cikal bakal atau induk dari anggrek-anggrek hibrida yang beraneka ragam. Salah satu jenis anggrek alam yang berpotensi adalah phalaenopsis amobilis dan Pamenum amobilis.

Asal anggrek di Jawa Timur pada umumnya tumbuh di hutan-hutan di lereng-lereng Taman nasional Bromo – Tengger – Semeru, Baluran, Alas Purwo dan Meru Betiri. Disini ratusan jenis anggrek telah dikembangkan di sentra-sentra pembudidayaan anggrek yang dapat Anda nikmati dengan mudah.

Wisatawan bisa langsung datang ke gerai-gerai anggrek di Jawa Timur. Misalnya, Prigen, Pasuruan, Kasiat Banyuwangi dan Lawang, Malang. Gerai agro anggrek dapat dijumpai seperti di Sien Orchid, Royal orchids, Bale Air, kesemuanya di Prigen, Pasuruan. Simanis Orchid di Lawang. Foresta Orchid dari, Pacet di Mojokerto dan tempat-tempat pembibitan anggrek di kota Malang. Selain menikmati pesona nan indah bunga anggrek sebagai pusaka bangsa wisatawan dapat langsung membelinya untuk oleh-oleh.

Malang Orchids Show 2009 dilaksanakan mulai tgl 17 – 23 April 2009 diikuti oleh 52 stand yang terdiri dari 20 stand anggrek dan 32 stand tanaman hias lainnya. Dalam acara kali ini disamping Pameran dan Bursa juga ada Diskusi Potensi Pengembangan Anggrek di Indonesia dan Potensi Malang raya sebagai pusat pembibitan anggrek di Aula Fak MIPA UM Malang.

Selain itu juga diadakan Pelatihan dan Tour Anggrek yang diikuti 94 peserta dari berbagai kota di Indonesia. Pada saat bersamaan juga dilakukan launching anggrek baru “Peni Suparto” hasil silangan Bapak Sutanto, anggota PAI Cabang Malang. Hadir dalam kegiatan MOS 2009 , wakil dari World Orchids Council , Singapore sebanyak 2 orang diketuai oleh Dr John Elliot , President OSSEA , sedangkan WOC ke 20 akan diselenggarakan pada bulan November 2011 di Singapore. Tidak lupa juga memberikan tanda penghargaan kepada 4 (empat) penggerak,pembina dan motivator PAI Cabang Malang yaitu Ibu Sien Moling, Bp. Wirakusuma Silamurti,Koesnadi dan Supardi PA. (dari berbagai sumber).

Klik di sini untuk reservasi: Hotel di Malang. Transport, Paket Tour Malang, Batu, Bromo.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juli 26, 2013 in Info Malang, kota malang, wisata malang

 

Tag: , , ,

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: