RSS

Merancang Kegiatan Keluarga Kita

Dalam bahasa Irlandia tidak ada kosa kata yang memiliki arti ‘mendesak’. Akibatnya orang Irlandia dikenal sebagai orang-orang yang paling rileks di seluruh dunia. Maklum, mereka selalu memandang segala sesuatu secara santai dan rileks, tidak ada kata ‘mendesak’ dalam kamus bahasa mereka.

Hari itu, orang-oranag pada ketakutan lua biasa. Bayangkan, menurut kabar resmi bersumber dari radar peringatan dini, ada sebuah bom nuklir yang sedang meluncur ke negara mereka. Dalam ewaktu 4 menit bom itu akan ‘tiba’ dan meledakkan daratan Amerika! Seorang lelaki, dengan nada kecewa dan rasa putus asa tiba-tiba berteriak: apa yang bisa anda lakukan dengan waktu empat menit ?! ada jawaban keras: Aku akan lari sekencang-kencangnya untuk melampaui satu mil…! Hah, percuma.

Kisah diatas, merupakan pertunjukan dram yang dibawakan oleh Peter Cook dkk London dengan judul Beyond the Fringe. Drama ini menegaskan pentingnya waktu dalam hidup kita. Dalam dialog diatas, digambarkan tentang apalah arti empat menit di hadapan jemputan malaikat maut. Empat menit, yah, empat menit, tetap tidak cukup untuk menyelamatkan nyawa.

Akan tetapi dalam keadaan normal, empat menit dalam sehari jika digunakan untuk sebuah kegiatan efektif di tengah keluarga, berarti sama dengan melakukannya 14 jam dalam setahun! Nmun sayang amat sedikit yang memperhatikan penggunaan waktunya secara bbaik di tengah keluarga,

Amat sedikit yang mau merencanakan, apa yang harus dikerjakan sepanjang 10 tahun kedepan, enam bulan ke depan sampai sepekan ke depan. Padahal mana mungkin keluarga kita bisa mencapai puncak bahagia kalau tangga demi tangganya tidak dibangun? Kitahanya senang berandai-andai tentang terciptanya sebuah keluarga yang sakinah di masa yang akan datang. Membayangkan tentang keluarga bahagia di hari tua nanti. Nanmun sayang, amat sedikit yang mau merinci bagaimana mencapai tujuan itu.

Apalagi dengan keluarga dangan ayah ibu bekerja di luarrumah. Coba hitung berapa jam sih waktu yang tersisauntuk putra putri di rumah? Setelah dipotong 8jam kerja, waktu perjalanan kerja, belum untuk urusan lain, paling yang tersisa hanya3-4 jam, atau 2 jam, bahkan mungkin kurang. Lalu mengapa kita tidak planning secara rapi agar efektif?

Steven Covey, penulis buku best seller yang berjudul “Seven Habits for Effective Highly People” dalam kehidupan keluarganya telah membiasakan diri mengadakan family conference untuk menyusun kegiatan pokok apa sajakah yang akan dilakukan semua anggota keluarganya sepekan kedepan. Ayah, ibu, anak, bahkan para pembantu masing-masing membuat rencana sepekan depan, dan melalui musyawarah merencanakan kegiatan bersama dalam pekan depan.

Mengapa kebanyakan kita tidak merencanakan kegiatan keluarga secara rapi dan terarah? Apa keuntungan dan kerugiannya jika kita melakukan perencanaan masa depan keluarga? Bagaimana pula cara membuat rencana kegiatan keluarga?

Iklan
 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: