RSS

Kabupaten Malang

coban rondoAir Terjun Coban Rondo

juga merupakan salah satu obyek wana wisata yang dimiliki di Kabupaten Malang. Terletak ± 12 km dari Kota Batu, atau tepatnya di Desa Pandansari Kec. Pujon. Kawasan Wana Wisata Air Terjun Coban Rondo adalah kawasan wana wisata yang paling mudah ditempuh. Jalan masuk menuju lokasi sudah beraspal, sehingga sangat memudahkan wisatawan apabila ingin mengunjungi obyek wana wisata ini. read more.

Sendang BiruPantai Sendang Biru

terletak di desa Sumber Agung, kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Pantai Sendang Biru yang berjarak sekitar 69 km dari Kota Malang ini memiliki ombak laut yang tenang karena terhalang oleh Pulau Sempu. Disamping tempat rekreasi wisata laut yaitu memancing, berenang dan menyelam, read more.

 Kebun tehKebun teh Wonosari

yang berada di desa Toyomarto kecamatan Singosari, kabupaten Malang telah dibuka sejak tahun 1875 oleh NV. Cultuur Maatschappy. Pada awalnya ditanami teh dan kina selama 32 tahun. Namun ketika Jepang menguasai Indonesia pada tahun 1942-1945, sebagian teh diganti tanaman pangan. Pada tahun 1950 yang ditandai pada masa nasionalisasi, maka perusahaan milik penjajah diambil alih oleh pemerintah. Sehingga tanaman kina secara keseluruhan diganti dengan tanaman teh. Kemudian… read more.

balekambangPantai Balekambang

memiliki tiga pulau dengan jarak sekitar seratus meter masing-masing, dua di antaranya telah terhubung dengan satu meter lebar jembatan ke Pantai Balekambang,Pantai Balekambang menawarkan suasana yang berbeda dari pantai di bagian Selatan Malang. Salah satu dari tiga pulau yang disebut pulau Ismoyo memiliki candi Hindu, yang didirikan oleh Masyarakat Hindu lokal. Setiap tahun, ritual dan upacara adat Jalanidhipuja (upacara Hindu) dan Suran (Upacara Tahun Baru Jawa) diadakan di sini setiap tahun. read more.

kondang merakPantai Kondang Merak

merupakan pantai yang masih alami. Pantainya luas dengan pasir yang putih bersih, pesisir pantai yang rindang oleh pepohonan, serta batu karang yang besar-besar terlihat sangat kokoh dan cantik. Bila Anda merupakan penggemar suasana alam yang masih murni, akses jalan yang kurang baik tidak akan menjadi masalah. read more.

pulau-sempuPulau Sempu dan Segara Anakan

Cagar Alam Pulau Sempu, kawasan alam yang berada dibawah naungan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Timur. Seperti halnya pulau Phi-Phi, pulau Sempu memiliki bentang alam yang menakjubkan. Jujur saja, alam Pulau Sempu malah lebih bagus ketimbang Pulau Phi-phi, hanya kalah fasilitas. read more.

Tarian Ombak di Goa China

Perjalanan tim Jelajah Seribu Pantai (JSP) dihari ke sembilan bergeser ke Pantai Goa China, Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan. Nama asli pantai ini adalah Pantai Rowo Indah. Namun karena pernah terjadi peristiwa kematian seorang China yang sedang bertapa didalam goa yang ada di kawasan pantai ini, nama Rowo Indah .berubah menjadi Goa China samapai sekarang. Tidak ada catatan resmi tahun berapa tragedi itu terjadi. Namun warga sekitar pantai meyakini sekitar 20 tahunan silam. Dari Pantai Bajulmati,… read more.

Kilauan Pasir Besi di Kondang Bandung 

DONOMULYO– Butuh nyali tinggi untuk bisa menembus masuk menuju Kondang Bandung, Dusun Sumber Blimbing Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo. Karena jalan terdekat dari Donomulyo. Karena jalan terdekat dari Donomulyo harus melalui hutan jati. Mobil atau motor tidak bisa mendekat ke bibir kondang. Harus parkir lumayan jauh di atas bukit hutan jati. read more.

Ombak Kemayu di Pantai Tamban 

BUTUH waktu lima hari lebih untuk mengesplorasi potensi wisata alam di kawasan Kecamatan Sumbermanjing Wetan saja. Ini karena sangking banyaknya dan sangking luas wilayahnya. Perjalanan tim Jelajah Seribu Pantai (JSP) Jawa Pos Radar Malang mulai hari ke-8 hingga masuk hari ke-12 masih saja berada di wilayah Sumbermanjing Wetan. read more.

Wisata Pantai Ngliyep 

Pantai Ngliyep Malang – Sebelah selatan dari Kota Malang terdapat beberapa Pantai yang sangat indah, salah satunya adalah Pantai Ngliyep.Letak Pantai Ngliyep berada ditepi Samudra Indonesia tepatnya ada di Desa Kedungsalam, masuk wilayah Kecamatan Donomuyo, tepatnya arah 62 Km ke selatan dari Kota Malang Jawa Timur. Jika ingin menuju pantai ini, anda bisa mencapai melalui kota Kepanjen, Desa Sumbermanjing Kulon atau melalui desa Karangkates (Bendungan Sutami) kemudian menuju ke desa Donomulyo.read more.

petik apelWisata Petik Apel dan Sayur di Kecamatan Poncokusumo

Memetik apel langsung dari pohonnya memiliki kenangan sendiri yang tak terlupakan, karena memetik apel tidak sembarangan memetik. Bukan hanya acara memetik, pengunjung juga akan diterangkan tentang ciri-ciri apel yang sudah tua dan masih muda. Karena bentuk besar bukan berarti tua. Dengan memetik apel itulah pengetahuan tentang apel akan bertambah. Dan ingat, wisata memetik apel di Indonesia hanya ada di Malang jadi sangat disayangkan jika datang ke Malang tanpa mencoba sensasi petik apelnya. read more.

www.richard-seaman.comWisata Trekking Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki obyek wisata alam yang sudah terkenal dan menjadi salah satu tujuan utama wisata di Jawa Timur, baik wisatawan domestik maupun asing. Obyek-obyek wisata yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah; Kaldera Tengger, sumur/gua lava, Gunung Bromo, Gua/Gunung Widodaren, Gunung Penanjakan, Ranu Pani/Ranu Regulo, Watu Rejeng, Gunung Ayek-Ayek,… read more.

candi JagoCandi Jajaghu (Candi Jago) 

Candi Jago berasal dari kata “Jajaghu”, didirikan pada masa Kerajaan Singhasari di abad ke-13. Berlokasi di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, atau sekitar 22 km dari Kota Malang, pada koordinat 8°0′20.81″S 112°45′50.82″E . Pada candi inilah Adityawarman kemudian menempatkan Arca Manjusri seperti yang disebut pada Prasasti Manjusri. Sekarang Arca ini tersimpan di Museum Nasional dengan nomor inventaris D. 214. read more.

candi singosariCandi Singosari

terletak didesa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Ditemukan pada sekitar awal abad 18 (tahun 1800-1850) dengan pemberian nama/sebutan Candi Menara oleh orang Belanda.  Mungkin pemberian nama ini disebabkan bentuknya yang menyerupai menara. Sempat juga diberi nama Candi Cella oleh seorang ahli purbakala bangsa Eropa dengan berpedoman adanya empat buah celah pada dinding-dinidng dibagian tubuhnya. read more.

kasembonWisata Petualangan Rafting Kasembon

Rafting Kasembon atau wisata arung jeram di Kabupaten Malang, tepatnya di desa Bayeman – Kasembon. Salah satu kegiatan outbound ini membutuhkan kemampuan fisik dan mental karena adanya tantangan alam. Tentu ada aspek rekreasi dalam olah raga tantangan ini karena lokasi rafting biasanya berada di daerah yang masih hijau dan asri. Anda bisa menikmati pemandangan dan suasana yang tenang. Arung jeram juga biasanya dilakukan beramai-ramai. read more.

kondang iwakPantai Kondang Iwak

Siapaun mungkin tahu bahwa pantai kuta, Bali, merupakan salah satu pantai terindah di Indonesia. Namun, pantai yang tidak kalah indah dengan Kuta juga ada di Malang. Namnya Pantai Kondang Iwak di Dusun Sumberpucung . Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Meski indah, telinga kebanyakan orang mungkin masih terlalu asing dengan nama Pantai Kondang iwak wajar jika nama itu belum terkenal. Selain minim prmosi, belum banyak orang yang datang ke pantai ini. Sebab, akses jalan masuk sepanjang Tiga Kilometer dari perkampungan masih sulit dilalui. read more.

k_merakKondang Merak Asyik buat Snorkling

Pantai Kondang Merak sudah tak asing bagi wisatawan Malang Raya. Pantai ini sudah menjadi jujugan bagi wisatawan local maupun asing untuk bermain snorkling. Keunggulan sebagai tempat snorkling inilah yang menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan pantai yang berada di Desa Sumber Bening, Bantur, tersebut. “sering mas di sini ada turis asing bermain snorkling. Tapi kalau surving pernah dicoba turis Australia. Hanya gelombangnya tidak cocok,” ungkap Edi Subiantoro, sesepuh Pantai Kondang Merak. read more.

ngliyepPantai Ngliyep

Di era 1980-an destinasi wisata favorit jawa timur hanya ada 2: Pantai Ngliyep, Desa Kedungsalam, Donomulyo, dan Pantai Popoh, Tulungagung. Rasanya di tahun-tahun itu, belum berwisat kalau tidak berkunjung ke salah satu di antara dua pantai itu. Belum bangga kalau tidak pernah mendatangi Ngliyep dan Popoh. Pantai Ngliyep yang mulai resmi dibuka pada 1951 itu memang cukup legendaries. read more.

Pantai Perawan Menggoda Investor

Eksplorasi tim Jelajah Seribu Pantai (JSP) Jawa Pos Radar Malang di Kecamatan Sumbermanjing Wetan berkahir di Pantai Perawan, Sidoasri. Perjalanan tim JSP dari Pantai Tamban, Desa Tambakrejo menuju Pantai Perawan membutuhkan waktu sekitar dua jam menempuh 40 kilometer. Sebab satu-satunya jalan harus memutar arah Desa Kedungbanteng menembus Desa Tambakasri baru masuk Desa Sidoasri. Kondisi jalan dari Desa Tambakrejo sampai Desa Tambakasri sangat bagus, beraspal mulus. Hanya jalannya sempit melewati tanjakan dan turuan yang cukup curam. Ketika mobil Chvrolet Colorado 2.500 cc yang ditumpangi tim JSP berpapasan dengan mobil lain, harus ada yang mengalah minggir. read more.

ngebrosPesona Pelangi di Watu Ngebros

FENOMENA alam yang diklaim satu – satunya ada di Indonesia, bahkan dunia, berada di Watu Ngebros, Pantai Jonggring Saloko, Desa Mentaraman, Donomulyo, Kabupaten Malang. Disebut Watu Ngebros karena dari batu karang besar menjulang di bibir pantai tersebut, keluar muncratan air hasil pertemuan dua arus gelombang besar dari selatan dan utara. Dua gelombang itu bertabrakan di satu titik: di dalam rongga batu karang besar yang mirip gorong-gorong raksasa tersebut. read more.

pantai mondangan malangPantai Mondangan

Di balik panorama indah pantai Modangan, Dusun Kalitekuk,Desa Semberoto,Donomulyo, Kabupaten Malang terserak nilai sejarah tinggi. Pantai yang berhimpitan langsung dengan pantai Jolosutro, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, itu merupakan salah satu tempat persembunyian pasukan Pangeran Diponegoro pada perang melawan penjajah Belanda dulu.Saat itu sebagian pasukan pahlawan nasional kelahiran Jogjakarta tahun 1785 tersebut lari ke lereng Gunung Kawi. read more.

Mutiara Terpendam di Pantai Wediawu

DESA Purwodadi , Tirtoyudo tak hanya memiliki potensi wisata Pantai Lenggoksono, Pantai Bolu – Bolu, Teluk Dampar, dan Air Terjun Banyu Anjlok. Desa yang resmi berdiri pada 12 Januari 1982 ini juga punya pantai yang tak kalah menjualnya, yakni Pantai Wediawu. Posisi pantai yang masuk dusun Balearjo ini bersebelahan dengan Pantai Lenggoksono,hanya dipisahkan bukit Tumpak Wi. Meski berada dalam satu desa, namun untuk menjangkaunya harus memutar lumayan jauh. Butuh waktu sekitar 30 menit dengan mobil dari Pantai Lenggoksono. read more.

Uji Adrenalin di Segara Anakan

BERADA di Pantai Sendangbiru tak lengkap rasanya kalau tak merasakan petualangan di Pulau Sempu. Karena itu tim Jelajah Seribu Pantai (JSP) selama sehari semalam tinggal di tengah hutan Pulau Sempu. Dari bibir Pantai Sendangbiru menuju Pulau Sempu harus naik perahu motor. Jaraknnya sekitar 1 kilometer dengan durasi waktu 25 menit saja. read more.

Pantai Balekambang

Balekambang = Petilasan Pangeran Diponegoro
MEMASUKI hari keenam, kru tim Jelajah Seribu Pantai (JSP) sudah berada di Pantai Balekambang, Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Pantai ini merupakan salah satu destinasi andalan Pemerintah Kabupaten Malang sejak 1985 hingga kini. read more.

Sendang BiruIkan Melimpah dari Sendangbiru

Memasui hari kesepeuluh, eksplorasi tim jelajah seribu pantai (JSP) menembus pantai sendangbiru, Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Sumber manjing Wetan. Berangkat dari Goa China pada malam hari, tim JSP yang terdiri dari Abdul Mtholib (wartawan), Doli siregar (fotografer), Jigur (driver), dan tiga guide lokal (Lugu Wasono,Agus Black, serta Singyo Mahmudi) tak terlalu ada kendala hanya butuh waktu 15 menit menuju pantai yang terkenal dengan tempat perdagangan ikan tersebut. Jalan dari Pantai Goa China menuju Pantai Sendangbiru pun juga mulus melalui jalur lintas selatan (JLS). Dari JLS masuk menuju bibir pantai pun juga sudah beraspal. Hanya sebagian jalan saja yang aspalnya mengelupas. read more.

wisata budaya malang - candi sumberawan - by David ArmstrongCandi Sumberawan

hanya berupa sebuah stupa, berlokasi di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan jarak sekitar 6 km dari Candi Singosari. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Singhasari dan digunakan oleh umat Buddha pada masa itu. read more.

Iklan
 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: