RSS

Wisata Sejarah

Stasiun-Kota-Baru-MalangStasiun Kota Baru

Stasiun Kota Baru menggunakan arsitektur kuno yang membuatnya terlihat bagus dari depan. Di depan Stasiun Kota Baru banyak sekali angkutan-angkutan mulai dari yang modern sampai yang tradisional seperti becak. Ada empat kereta yang selalu mengantar penumpang menuju ke tujuan yang diberangkatkan dari Stasiun Kota Baru ini, yaitu Kereta Matarmaja dengan tujuan Jakarta Pasar Senen, Gajayana dengan tujuan Gambir, Tumapel dengan tujuan Surabaya, dan Penataran dengan Tujuan Blitar dari Surabaya. read more.

balaikota_malangBalai Kota Malang

Kota Malang seperti kota-kota lain di Indonesia, pada umumnya berkembang dan meluas setelah hadirnya Pemerintah Kolonial Belanda. Karena Malang sejak konsep awalnya digunakan sebagai Kota Peristirahatan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Dengan hawa yang sejuk dengan suhu rata-rata 20-24 derajat celcius maka Kota Malang sangat ideal sebagai Kota Peristirahatan. Kota Malang berdiri pada tanggal 1 April 1914, dan sekarang terbagi dalam 5 Wilayah Kecamatan dengan luas 11.005 ha. read more.

gedung_sang_timurGedung Sang Timur

Gedung Sekolah Sang Timur merupakan aset sejarah yang dimiliki oleh Kota Malang. Dahulu merupakan Gedung Stasiun Radio Republik Indonesia. Kemudian Stasiun RBI pindah ke Jl. Cerme, yang saat Ini menjadi gedung Hotel Graha Cakra dan Stasiun BBI pindah lagi di Jl. Candi Panggung 56 Kota Malang. Gedung Sang Timur dengan arsitektur Belanda tetap terjaga bentuk keaslinya sehingga bisa kita sakslkan sampai sekarang. read more.

monumen-hamid-rusdiMonumen Hamid Roesdi

Hamid Roesdi dikenang sebagai sosok pahlawan tiga masa, yaitu masa penjajahan Belanda, Jepang, dan Kemerdekaan yang sangat konsisten memperjuangkan hak-hak rakyat. Beliau lahir pada hari Senin Pon 1911 di desa Sumbermanjing Kulon, Pagak Malang Selatan. Pada masa penjajahan Belanda, sangat aktif di bidang kepanduan dan tergabung dalam ‘Pandu Ansor’ karena belau juga seorang guru agama sekaligus staf Partai NU. Beberapa tahun kemudian bekerja di Malang sebagai seorang sopir di penjara Besar Malang (Lowokwaru). read more.

katredal-ijenGereja St. Maria Bunda Carmel

Lokasinya terletak di Jl. Guntur No. 2 Malang. Gereja yang dibangun pada 28 Oktober 1934 ini merupakan Gereja Kathedral bertipikal Belanda asli. Bisa dibuktikan dari bentuk eksterior dan interior serta ornamen-ornamennya. Gereja ini pernah direnovasi pada 27 Juli 2002. Awalnya Gereja Ini bernama Santa Tereshia kemudian berganti nama Santa Maria Bunda Carmel pada 1961. read more.

pahlawan-tripMonumen & Taman Makam Pahlawan Trip

Terletak di Jl. Pahlawan Trip. Monumen dan Taman Makam Pahlawan ini adalah salah. satu upaya dari pihak Pemerintah Kota dan elemen-elemen yang terkait dalam menghargai dan menghormati ke-35 anggota Tentara TBIP H-11 yang gugur sebagai pahlawan dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia pada Agresi Militer Belanda I. Kesemuanya gugur pada tanggal 31 Juli 1947 pada pertempuran sengit dan paling seru di Kota Malang yang terjadi di Jl. Salak yang kemudian diubah menjadi Jl. Pahlawan TBIP. read more.

museum-brawijayaMuseum Brawijaya Malang

Koleksi di dalam museum juga tak kalah menarik. Antara lain koleksi senjata yang digunakan pada zaman kemerdekaan. Foto-foto jaman perang kemerdekaan. Foto-foto pemberontakan. Foto-foto Malang Tempo Dulu, komputer jadul jaman dahulu kala yang cukup besar walau hanya digunakan untuk menghitung, benda peninggalan panglima besar Sudirman dan lain-lain. Terdapat juga gerbong maut yang menjadi ikon dari museum ini. read more.

monumen-melatiMonumen Melati Kadet Suropati

Pendirian monumen ini digagas oleh Kepala Staf Operasi Divisi VIII, Mayor Mutakad Hurip setelah beliau pulang dari pertempuran di Surabaya yang pertama, sebelum meletus pertempuran yang ke-2 pada tanggal 10 November 1945. Pembukaannya sendiri diumumkan oleh Mayor Jendral Imam Sujai selaku komandan Divisi VIII pada awal bulan November 1945. read more.

monumen-tgpMonumen Tentara Genie Pelajar

Monumen TGP atau Monumen Tentara Genie Pelajar didirikan pada 7 Juli 1989, dimaksudkan agar generasi muda senantiasa ingat akan perjuangan para pahlawan. Monumen ini berbentuk 17 pilar disekelilingnya 3 lantai dasar, 4 pilar penopang patung dan 5 lapis tempat landasan patung. Juga dikombinasikan akan menghasilkan 17-8-45 sebagai hari kemerdekaan Indonesia. Akses bisa dicapai lewat dari jalur GL dan ADI dari terminal Landungsari dan LDG dari terminal Gadang. read more.

perpustakaan-kotaPerpustakaan Umum Kota Malang

Terletak di Jl. Ijen No. 30 A Malang. Bangunan yang baru saja selesal dibangun pada tahun 2004 ini sebenarnya sejak lama berdiri yaitu pada tanggal 17 Agustus 1965. Perannya sebagai media pembelajaran sangat tepat apabila dijadikan tempat kunjungan untuk mencari referensi ilmu ataupun untuk menyalurkan hobi membaca. Koleksinya lengkap dan meliputi seluruh usia. read more.

stadion-gajayanaStadion Gajayana

Lokasinya di Jl. Gelanggang Malang. Stadion Gajayana adalah Stadion kebanggaan Warga Kota Malang yang sebenarnya sudah sejak lama berdiri. Instruksi pembangunannya oleh Walikota Buse Maker pada tahun 1926. Dari data tersebut bisa ditatakan kalau Stadion Gajayana merupakan Stadion tertua di Indonesia. Karena di beberapa Stadion besar baru dibangun pada tahun-tahun sesudah itu. read more.

bentoelMuseum Sejarah Bentoel

Museum Sejarah Bentoel dulunya adalah sebuah rumah yang digunakan sebagai usaha kecil-kecilan Rokok Bentoel. Usaha ini didirikan oleh Ong Hok Liong pada tahun 1925. Perusahaan ini berada di Jl. Pecinan Kecil no.32 Malang yang sekarang bernama Jl. Wiromargo. Pada masa sekarang, rumah ini digunakan sebagai museum sejarah Pabrik Rokok P.T. Bentoel, sedangkan saat ini Perusahaan dan read more.

kantor-posKantor Pos Besar

Kantor Pos Besar Malang adalah yang terbesar di Kota Malang. Berdiri pada tanggal 26 Agustus 1978 sesuai dengan TJTJ No 6 tahun 1984. Berdiri di atas tanah dengan luas keseluruhan sebesar 4000 m2. Kantor Pos Besar Malang Ini termasuk Badan Usaha Milik Negara yang memiliki beberapa fungsi diantaranya, melayani masyarakat di bidang jasa pengiriman surat-surat dan hantaran barang. Kantor Pos Besar Malang memiliki 182 pekerja dan dibagi dalam 2 shift. read more.

taman-rekreasi-kotaTaman Rekreasi Kota Malang

Taman Rekreasi Kota Malang terletak di jalan Simpang Mojopahit, di belakang Balai Kota Malang. Tareko menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati masyarakat, seperti jogging track untuk berolah raga, kolam renang, taman bermain anak-anak, hingga stan-stan yang menjual berbagai produk khas Malang. read more.
tugu_malam_malangMonumen Tugu Malang

Pada tanggal 17 Agustus 1946 Pemerintah Kota Malang merencanakan peletakan batu pertama pembangunan Monumen Tugu. Monumen ini ditandatangani langsung oleh Mr. Sukarno sebagal Wakil Masyarakat Malang dan A.G. Suroto sebagal kepala komite pembangunan Monumen. read more.

monumen-juang-45Monumen Juang

Monumen ini dibuat untuk mengingat kembali sejarah perjuangan Rakyat Indonesia pada tahun 1945. Monumen ini juga untuk menumbuhkan semangat patriotisme anak-anak muda di Kota Malang serta mengingat kembali para pahlawan yang telah memberikan jiwa dan raga mereka untuk read more.

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: